Langsung ke konten utama

Wattpad

Berniat Jadi Freelancers, Siapkah Kamu Hadapi Ini?

Apa di antara kalian ada yang menjadi karyawan lepas atau lebih dikenal dengan sebutan freelancer? Kalau ada mungkin kalian mengalami hal-hal di bawah ini:

1. Waktu kerja fleksibel

Kerja sebagai freelancer memang membuat kita lebih santai dalam mengatur waktu kerja agar tidak bentrok dengan acara lain. Pahitnya adalah ketika kita mendapatkan beberapa tawaran pekerjaan di waktu yang bersamaan! Bikin bingung, apalagi ketika dua-duanya menarik atau sama-sama menjanjikan honornya.
Kalau sudah begitu kita harus pandai membagi waktu ketika menerima keduanya. Atau, mencoba nego waktu kerja dengan pihak yang menawarkan kerjaan itu. Kalai tidak, caranya adalah mencari tahu detail pekerjaan dan mana yang lebih menguntungkan. Bukan sekadar tawaran imbalan yang diberikan, tetapi juga tentang improvisasi diri, resiko kerja, membangun relasi, dan lain-lain.

2. Segudang relasi, ilmu dan pengalaman

Beberapa freelancer hanya fokus dengaan keahliannya saja, ada yang sebagai penerjemah panggilan, tour guide, designer dan lain-lain. Tapi ada juga yang terbuka dengan tawaran pekerjaan yang datang.
Mumpung tidak memiliki kontrak jangka panjang, kita jangan takut untuk mencoba hal baru, karena akan ada banyak keahlian yang bisa dipelajari. Kita akan mendapat kesempatan bertemu banyak orang baru dari berbagai profesi dan golongan.
Jangan lupa untuk sharing dan berbagi pengalaman dengan mereka. Memperbanyak relasi adalah cara mempromosikan diri yang mudah dan gratis. Jadi, jangan malu untuk memperkenalkan diri sebagai freelancer dan berikan sedikit ringkasan diri kamu saat berkenalan. Relasi adalah barang mewah untuk membuka jalan untuk banyak hal.
Selain itu, dengan jam kerja fleksibel freelancer akan lebih mudah menjadwalkan dirinya untuk mengikuti seminar, kursus, lokakarya atau bergabung dengan forum untuk perkembangan diri.

3. Finansial bergantung kegigihan

Pertama kali menapaki kehidupan freelancer memang tidak mudah. Jika tidak banyak pekerjaan tentu pemasukan tidak menentu, pusing pala Barbie nggak bisa shopping! Oleh karena itu kalian harus terus mempromosikan diri kalian.
Sekarang tidak susah kok melakukannya. Cukup share kegiatan kita di media sosial. Semakin banyak orang yang tahu maka semakin banyak pula kesempatan mendapatkan freelance job. Tapi setelah koneksi kita cukup banyak dan banyak job yang datang, penghasilan kalian bisa melebihi tetangga  kalian yang kerja dari pagi hingga petang Senin sampai Jum'at!
Penghasilan seorang freelancer rata-rata sekitar Rp30.000 s/d Rp300.000 per-jam. Ada juga yang lebih dari itu! Pembicara profesional, misalnya, bisa mendapatkan setidaknya setengah juta per jamnya.
Setelah membaca tiga poin di atas apa kalian masih berniat menjadi freelancer?
Jika iya, berikut ada beberapa pekerjaan yang bisa kalian pertimbangkan jika berniat menjadi seorang freelancer, atau mungkin bisa menjadi side-job bagi yang sudah punya pekerjaan:

1. Pengajar

Jika suka berbagi ilmu hal ini mungkin bisa dilirik. Kamu bisa mulai mengajar di bimbel, kursus-kursus tertentu sesuai kemampuan kalian, atau bahkan mengajar di sekolah sebagai freelancer.
Jalan lain untuk mulai mengajar mungkin bisa mendaftar sebagai karyawan lepas dibeberapa perusahaan edukasi atau agen pendidik. Membuka kelas sendiri seperti kelas memasak, konsultasi bisnis, entrepreneurship, kerajinan tangan dan lainnya juga bisa jadi opsi. Bisa juga dengan membuka kelas online!

2. Pemandu wisata

Bagi kalian yang suka jalan-jalan ini adalah pekerjaan impian! Kapan lagi bisa jalan-jalan sambil menghasilkan pundi-pundi rupiah. Jika kalian berminat, langkah awalnya bisa dengan memperbanyak teman dari luar daerah atau luar negeri, sehingga ketika mereka singgah di daerahmu, bisa langsung menawarkan diri jadi tour guide mereka deh.

3. Penerjemah

Menguasai bahasa asing? Ini adalah kesempatan emas! Ada banyak perusahaan yang membutuhkan penerjemah 'panggilan'. Biasanya untuk menerjemahkan dokumen, website, atau bahkan sebagai pendamping dalam rapat. Kalau yang ini penghasilannya sudah pasti menjanjikan!

4. ART Panggilan

Berapa sih gaji ART di daerah Jakarta? Mungkin sekitar Rp700.000 s/d Rp3.000.000 tergantung profesionalitas dan tanggung jawab mereka. Jam kerja biasanya 24 jam sehari, 7 hari seminggu atau bisa dibilang NONSTOP. Tapi kamu harus tahu, bahwa banyak kalangan elit yang memerlukan ART Panggilan untuk membersihkan apartemen atau properti lainnya. Penghasilan dari pekerjaan ini juga lumayan menjanjikan.
Sebenarnya masih ada banyak pekerjaan yang bisa dikerjakan oleh freelancer seperti juru masak, fotografer, brand's promotion dalam pameran, event organizer, atau bahkan penonton bayaran dan masih banyak lagi. Tentu semua itu kembali kepada pribadi masing-masing  yang akan menjalaninya.
Sudah siap? Atau punya cerita menarik selama jadi freelancer? Share dong!

Komentar

Sedang Populer

Ketika...

Ketika aku harus pergi.... Langkahku kaku, tulangku beku. Terpaku dalam sebuah lagu, ragu. Pekat dan kelabu, semua mengoyak batinku. Ingin kuubah kosong menjadi isi, tapi wadah berlubang terlalu besar. Ingin aku terus bernyanyi, namun hati tak boleh ingkar. Ketika aku harus melangkah.... Semua terasa pilu sudah. Haruskah aku mengalah? Tapi aku tak ingin menyerah! Ini awal, sayang bukan akhir dari segalanya. Biar kita menderita, sejenak saja. Lalu bahagia untuk selamanya. Ketika kamu tak rela jua.... Menangislah, sayang! Menangislah dalam lambaian. Ucapkan selamat jalan, diguyur hujan. Semua memang terlalu cepat, dan terasa sangat berat. Pejamkan matamu, dan bermimpilah! Aku akan hadir tanpa satupun pengganggu. Ketika kamu mulai menerima.... Bukalah matamu, sambut harimu dan berbahagialah. Seperti sedia kala. Aku akan segera hadir disisimu, pasti! Semua akan terasa singkat, seperti se

Sweater Hijau Kakakku

Introducing Me   Aku Zie, gadis tujuh tahun yang telah merasakan menjadi seorang tahanan. Bukan Tahanan sungguhan, karena aku anak baik-baik yang melakukan hal-hal baik dan dituntut agar selalu mematuhi peraturan.   Ayahku adalah jenderal besar kemiliteran Angkatan Darat di negaraku yang menjunjung tinggi hukum tapi selalu dihujani dengan berita pelanggaran hukum setiap harinya. Ayah adalah orang baik. Tapi kenapa pria baik seperti Ayah memiliki banyak musuh?   Dulu Ibu pernah bilang, kalau aku harus dijaga setiap saat. Kemudian, hidupku semakin tak bebas saat itu. Aku selalu dikawal oleh dua orang bawahan Ayah. Ayah memanggil mereka dengan sebutan Sersan Adi dan Sersan Indra. Rasanya seperti tahanan, setiap saat dalam pengawasan.   Sedangkan kakak sulungku, Arya, tinggal di New York sejak usianya enam tahun dan sudah tujuh tahun Abang tinggal disana bersama Opa dan Oma. Abang pergi saat usiaku satu tahun dan aku hampir lupa wajah Abang. Hanya sesekali Abang pulang saat libu

INTERMEZO

Aku kalut, saat itu keadaan diluar kendaliku. Mungkin saat itu aku hanya merasa kasihan padamu atas semua ceritamu, tentang kekasihmu yang teramat sibuk. Dan kau yang selalu datang padaku, menemani hari-hariku, menjadi sebuah santapan rutin bagiku... yang setiap hari harus ku konsumsi. Karena jika tidak aku merasa sepi. Sangat sepi sekali. Dan kau membuatku berharap lebih, dengan membawa seribu warna cerah, menyenandungkan berjuta puisi indah dan lagu-lagu tentang cinta. Bagaimana aku bisa lari darimu? Dari berpilin-pilin rayuan manis bibirmu, dimanjakan olehmu dan cokelat-cokelat manis kirimanmu. Bagaimana bisa aku menolak semua itu, disaat aku benar-benar membuthkannya..., membutuhkanmu. Seorang gadis datang padaku, menangis dihadapanku. Dia memohon agar aku tidak mengganggumu dan berhenti mendekatimu. Apa selama ini kau merasa terganggu dengan kehadiranku? Dan bukankah kau yang selalu mendekatiku saat itu. Dan kau mulai berkelit lagi seribu janji, memohon aku untuk